Perhatian. Jamur ini bisa menyebarkan penyakit di rumahmu.

Ketika membeli rumah baru, baik itu rumah bekas ataupun rumah yang lama tidak dihuni, terkadang tumbuh jamur pada dinding-dinding atau langit-langitnya. Keberadaan jamur-jamur tersebut tentunya menggangu bagi para penghuni baru.
Mark England, pemilik AdvantaClean, ada lima hal yang wajib diketahui soal jamur.
Pertama, jamur adalah dapat tumbuh dengan cepat. Hanya dalam hitungan hari, jamur dapat menyebar di lingkugan yang lembab.
Kedua, jamur seringkali sulit terdeteksi karena sering tumbuh di dalam lapisan dinding atau kusen. Kita bisa mengetahui keberadaan jamur dari bau aek yang dikeluarkan jamur.
Ketiga, biaya pembersihan jamur secara menyeluruh cukup mahal. Jarang ada perusahaan asuransi yang mau melindungi kerusakan dari jamur.
Empat. Jamur-jamur perusak ini bisa menimbulkan penyakit seperti sesak nafas, mual hingga nyeri pada persendian yang disebabkan oleh spora dari jamur tersebut.
Terakhir, anak-anak cukup rentan terkena gangguan dari jamur-jamur ini.

Perhatian. Jamur ini bisa menyebarkan penyakit di rumahmu.

Namun, kita tidak perlu khawatir berlebihan. Jamur-jamur ini bisa ditangani sendiri tanpa bantuan professional.

Mark menyarankan penghuni rumah berjamur untuk menggunakan antimikroba seperti hydrogen peroksida, cuka atau soda kue yang dicampur air. Formula sederhana ini bisa menekan pertumbuhan jamur.

Pada tempat-tempat yang terlihat ditumbuhi jamur, cukup disemprot dan disikat atau dilap. Saat melakukan pembersihan sebaiknya menggunakan masker untuk menghindari menghirup spora yang terlepas saat pembersihaan.

Penggunaan pemutih pakaian juga bisa mempercepat proses pembersihan jamur.