Mushroom at Home
Alamat
Kompleks Ranting Pesona blok A1-7. Kota Cimahi
Telepon
0895347020357

FAQ Seputar Produk MusHome Box

Tambahan informasi tentang pertumbuhan jamur:

  • Jamur menyukai udara segar sehingga jangan letakkan di ruangan yang tertutup
  • Jamur tiram menyukai tempat yang terang tapi hindari terkena sinar matahari langsung
  • Kelembaban sangat penting. Anda dapat melihat apakah sudah cukup air dengan melihat titik-titik air yang ada pada plastik. Semakin banyak air semakin baik; jangan takut berlebihan menyiram Mushome.

Pertanyaan yang sering ditanyakan

(Tips: Tekan “Ctrl + F” untuk mencari kata kunci)

Tips penting:

  • Sebisa mungkin jauhkan jamur Anda dari pendingin ruangan (Air Conditioner). Udara yang kering dapat mencegah jamur untuk tumbuh.
  • Jika Anda tidak melihat adanya pertumbuhan dalam 14-21 hari, rendam kembali medium MusHome dan semprot rutin hingga permukaan jamur keliatan basah. Boleh ditambahkan intensitas penyiramannya hingg 3-4x sehari. Biasanya Anda akan melihat pertumbuhan sekitar 2 minggu setelah perendaman kembali.

1. Tolong! Jamur saya keluar dari kotak yang tidak pernah saya buka sebelumnya.

Jamur tiram adalah jamur yang sangat agresif dan jika medium jamur cukup tua atau terpapar terlalu banyak air atau cahaya sebelum membuka, jamur tersebut akan mulai tumbuh dari lubang kecil pada kemasan plastik. Mereka sepenuhnya aman untuk dimakan dan tentunya akan lebih banyak jamur yang dapat tumbuh dari medium tersebut. Cukup mengambil jamur yang tumbuh prematur itu dan kemudian ikuti petunjuk yang terdapat dalam kotak kemasan kami untuk menumbuhkannya kembali. Pemanenan tersebut akan memakan waktu lebih dari 14 hari, tetapi Anda dapat mempercepatnya dengan menyemprot medium dengan lebih banyak air.

Tentu saja, kami ingin Anda menikmati masa-masa penumbuhan jamur tersebut, maka tolong hubungi customer service kami bila Anda masih belum dapat menumbuhkan produk MusHome tersebut. Email kami foto dan penjelasan kondisi produk di [email protected]

2. Bagaimana agar saya dapat panen lebih dari 1x dari produk MusHome yang telah saya beli?

Kami menjamin paling sedikit 1 kali panen dari produk MusHome tersebut. Yang berarti, setiap produk MusHome adalah unik dan dapat tumbuh beberapa kali – rekor yang pernah adalah 5! Kami mendorong Anda untuk tetap melakukan percobaan/eksperimen dan menumbuhkan produk MusHome Anda.

Agar Anda dapat menumbuhkan jamur untuk kedua atau ketiga kalinya, cukup ikuti langkah 3 & 4 yang terdapat pada kotak MusHome yang telah Anda beli sebelumnya.

Tips:

  • Sabar: Setiap jamur berikutnya akan membutuhkan beberapa minggu untuk mulai tumbuh. Kami menyarankan Anda untuk membiarkan medium tersebut istirahat selama 1-2 minggu setelah panen pertama. Hal ini dimaksudkan agar jamur dapat membentuk energi agar dapat tumbuh kembali. Anda dapat menyimpannya dalam tempat yang sejuk, kering, dan gelap sambil menunggu. Ketika Anda siap untuk menumbuhkannya kembali, cukup rendam kembali selama satu malam (pastikan benar-benar terendam).
  • Perhatikan temperatur/suhu: Setelah panen pertama, jamur Anda lebih sensitif terhadap temperatur. Coba menjaga agar kondisi lingkungan sekitar 22°C jika memungkinkan.
  • Siram, siram, dan siram! Rendam kembali produk MusHome dan jangan biarkan dia mengering.
    Setiap panen berikutnya, jamur akan memakan waktu lebih lama dan lebih sedikit yang akan tumbuh sehingga jangan kecewa jika panen kedua tidak sebanyak yang pertama!

3. Bagaimana memotong bentuk “X” di plastik medium?

Potong bentuk “X” berukuran 6-7 cm dengan cutter atau pisau karena pengalaman kami menunjukkan bahwa pertumbuhan paling baik dengan panjang pemotongan tidak lebih dari 7 cm.
Biarkan potongannya seperti itu. Jangan berusaha untuk menekuk plastik atau memotong plastiknya karena plastik tersebut justru melindungi medium agar tidak kehilangan kelembabannya. Ketika menyemprotkan air cukup menaikkan plastik sedikit lalu diturunkan kembali.

4. Bagaimana caranya saya mengetahui produk MusHome tidak akan menghasilkan jamur lagi?

Biasanya setelah 4 kali panen, berat jamur yang dihasilkan akan semakin kecil, hanya mencapai puluhan gram (biasanya kurang dari 50 gram). Hal itu berarti substrat (makanan) jamur sudah menipis sehingga jamur yang dihasilkan kecil. Setelah panen keempat, Anda dapat membuang mediumnya atau menjadikannya pupuk tanaman.

Pertanyaan tentang produk MusHome

1. Tipe jamur apa yang ditumbuhkan di MusHome?

Jamur yang ditumbuhkan dalam produk MusHome yaitu jamur tiram putih organik. Lihat di bagian resep untuk mengetahui cara memasak jamur-jamur tersebut.

2. Apa perbedaan MusHome dengan produk lain?

MusHome dijamin memberikan pengalaman yang berbeda dengan desain yang unik dan menarik bagi Anda yang ingin menumbuhkan jamur. Selain itu, jamur dari produk MusHome hasilnya lebih cepat dan lebih besar dibanding produk lainnya. Produk ini juga mengandung bahan-bahan yang ramah lingkungan dan produk jamurnya aman untuk dikonsumsi. Sisa dari medium jamur dapat Anda jadikan pupuk bagi tanaman Anda. Dan jangan lupa untuk setiap foto yang Anda posting di facebook page dan Instagram Mushome.id, kami akan memberikan diskon 50% untuk pembelian kedua Anda.

3. Apa lapisan putih yang terdapat pada plastik produk MusHome?

Lapisan putih itu disebut miselium. Miselium adalah tahapan vegetatif dari jamur (tahapan sebelum munculnya tubuh buah!). Miselium yang terdapat pada produk MusHome menunjukkan bahwa jamur sehat dan siap untuk tumbuh!

4. Apa manfaat dari jamur tiram bagi kesehatan?

Jamur tiram rendah kalori, bebas lemak, bebas kolesterol, bebas gluten dan sangat rendah sodium. Mereka juga tinggi protein, serat dan zat besi, dan mengandung beberapa mineral seperti zink, kalium, selenium, kalsium, fosfor, asam folat, dan vitamin B1, B3, B5 dan B12, ditambah vitamin C dan vitamin D. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mereka terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dan memiliki senyawa antioksidan.

5. Apakah jamur-jamur itu organik?

Ya. Jamur yang tumbuh di MusHome mengandung bahan-bahan organik dan bebas pestisida.

Proses Penumbuhan

1. Saya tidak bertangan dingin..Seberapa mudah jamur-jamur tersebut tumbuh?

Setiap orang dapat menanam jamur. Cukup menyemprotnya 2-3x  sehari sebanyak 5-6 semprotan dan rata-rata dalam 2-4 minggu Anda akan menikmati jamur tiram organik.

2. Berapa lama saya dapat menyimpannya sebelum saya mulai menumbuhkannya?

Ya! Meskipun setiap medium berbeda, Anda seharusnya dapat menyimpan produk MusHome setidaknya 1-2 bulan. Tapi kami menyarankan Anda untuk menumbuhkannya paling lama 2 minggu setelah mendapatkan produk MusHome. Meskipun kebanyakan produk bahkan bisa bertahan hingga 2-3 bulan. Jika Anda membuka kotak tersebut dan permukaan plastik MusHome masih kelihatan putih di lapisan luarnya, maka MusHome masih hidup dan siap untuk tumbuh!

3. Dimana seharusnya saya menumbuhkan MusHome?

Jamur tiram memerlukan cahaya dan oksigen untuk tumbuh. Letakkan produk MusHome di tempat yang cukup terang dan terbuka. Jangan sampai produk Anda kering dan hindari sinar matahari langsung, AC, dan penghangat ruangan.

4. Saya akan keluar rumah selama beberapa hari, apakah tidak masalah jika saya tidak menyiram MusHome saya?

Paling baik menyiram produk MusHome paling sedikit 2x sehari. Produk MusHome dapat disimpan setidaknya 2 bulan. Simpan MusHome hingga Anda memiliki waktu untuk menyiramnya setiap hari atau bawa produk MusHome selama liburan dan kirimkan fotonya ke kami dan dapatkan diskon 50%. Menarik bukan?? ☺
Jika untuk alasan tertentu Anda telah mulai menumbuhkan produk MusHome dan tidak dapat menyiramnya, rendam kembali produk tersebut selama 6 jam sekembali Anda ke rumah untuk menyegarkan kembali miselium.

5. Akankah jamur lain tumbuh di produk MusHome?

Medium yang sehat hanya akan menumbuhkan jamur pangan yang aman dikonsumsi dari produk MusHome. Namun, jika produk tersebut terkontaminasi oleh jamur tipe lain. Kirimkan ke kami beberapa foto jika Anda tidak yakin. Email kami: [email protected] atau Anda dapat bergabung dalam facebook page atau Instagram kami (mushome.id) untuk berdiskusi dengan konsumen lainnya.

6. Bagaimana saya mengetahui apakah medium di dalam kotak MusHome tidak sehat?

Medium yang sehat biasanya berwarna putih atau agak kecoklatan karena adanya serbuk kayu. Umumnya kontaminasi akan menunjukkan bercak warna hijau, hitam, kuning, atau warna-warna lainnya. Jika kontaminasi seperti itu terjadi, jamur tiram tidak akan tumbuh di produk Mushome. Proses produksi kami ketat dan kami selalu menjamin bahwa medium yang terdapat dalam kotak MusHome adalah aman. Kirimkan beberapa foto jika Anda tidak yakin ke email kami: [email protected]

Proses Pemanenan

1. Kapan dan bagaimana seharusnya saya memanen jamur?

Di bawah ini adalah indikator/ciri-ciri kunci yang menunjukkan bahwa jamur Anda siap untuk dipanen:

  • Mereka berhenti membesar dua kali lipat
  • Tudung jamur telah melebar seperti cangkang tiram

Anda dapat memanen jamur dengan menarik jamur dari mediumnya (baik batang dan tudungnya). Wajar bila sebagian medium ikut terangkat dan membentuk lubang pada medium MusHome. Pastikan untuk memanen semua jamurnya yang tumbuh (besar & kecil) pada waktu yang bersamaan.

2. Berapa lama jamur yang telah dipanen tahan?

Jamur yang fresh dapat bertahan hingga 5 hari jika dimasukkan ke dalam kulkas. Kulkas akan membuat jamur kering sedikit.

3. Bila jamur saya sudah kering, apakah saya masih dapat memakannya?

Tentunya! Cukup rendam jamur kering di dalam air atau kaldu kesukaan Anda sebelum memasak dan jamur akan mengembang kembali!

4. Berapa banyak jamur akan tumbuh dari medium MusHome?

Setiap produk MusHome unik dan akan menghasilkan jumlah jamur yang berbeda-beda. Untuk hasil terbaik, simpan jamur di daerah yang sirkulasi udaranya baik dan siram secara rutin. Produk MusHome yang tumbuh hanya sedikit biasanya memiliki tudung yang lebih besar (diameternya bisa mencapai 8-10 cm) sedangkan Produk MusHome yang tumbuh banyak jamur, akan memiliki tudung yang lebih kecil (diameternya sekitar 5 cm)

5. Apa yang dapat saya lakukan pada medium jamur setelah tidak menghasilkan jamur lagi?

Anda dapat membuang mediumnya ke tanah dan medium tersebut akan terurai dengan sendirinya sebagai pupuk bagi tanaman Anda.